Salah satu dari empat pilar SEO adalah Optimasi On-Page; ini termasuk halaman web, konten, dan kode sumber HTML situs web Anda.
Dengan menggunakan semua audit dan penelitian pendahuluan, SEO dan Spesialis Konten kami tahu cara bekerja bahu-membahu untuk membuat strategi komprehensif guna meningkatkan SEO di lokasi situs secara keseluruhan.
Berikut ini ikhtisar singkat dari item teratas di daftar periksa SEO di halaman Anda:
Judul Halaman
Juga dikenal sebagai tag judul, adalah deskripsi singkat dari halaman web yang muncul di bagian atas jendela browser dan di SERP. Judul halaman adalah salah satu hal pertama yang dirayapi web melalui situs Anda untuk menentukan maksud halaman Anda untuk memasangkannya dengan kueri penelusuran.
Itu harus unik, deskriptif, dan ringkas (sekitar 600 piksel lebar), untuk membantu pengguna Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa halaman Anda.
Gunakan URL deskriptif –
URL situs web Anda adalah alamat situs web Anda di World Wide Web. URL Anda, seperti judul halaman Anda, harus pendek dan manis, tetapi ringkas.
Menyertakan kata kunci utama Anda di URL Anda mungkin hanya memiliki pengaruh kecil pada peringkat Anda di SERP, tetapi itu membuat pengguna dan mesin pencari dengan mudah membaca dan mengingat URL Anda.
Gunakan Tag H1 untuk Judul Halaman dan H2 untuk Subjudul –
Sangat penting untuk membagi konten Anda menjadi potongan logis dan dapat dipindai yang dapat dengan mudah dicerna oleh pembaca Anda.
Menggunakan kode HTML seperti H1, H2, dan H3 akan memberi tahu mesin pencari bahwa salinan yang Anda tulis penting dan terkait dengan topik halaman Anda.
Selain itu, Anda dapat menempatkan kata kunci target Anda i area penting ini, yang akan membuat konten Anda lebih mudah untuk dipindai melalui konten Anda dan menemukan informasi yang mereka butuhkan.
Penempatan Kata Kunci –
Yang terbaik adalah menempatkan kata kunci Anda pada judul halaman Anda, URL, deskripsi meta, subpos (jika mungkin), dan dalam 100 kata pertama dari konten Anda.
Menempatkan kata kunci secara alami dan mulus di konten Anda akan membantu Google memahami halaman Anda dengan mudah. Meskipun waspada terhadap isian kata kunci atau membombardir konten Anda dengan kata kunci untuk memanipulasi peringkat situs Anda di SERP.
Untuk menghindarinya, gunakan LSI atau kata kunci pengindeksan semantik laten yang merupakan kata kunci atau frasa terkait yang sinonim atau terkait secara semantik dengan kata kunci utama Anda.
Ini dapat membantu Anda menambahkan lebih banyak konteks ke konten Anda, menjadikannya relevan dengan topik yang luas.
Hati-hati dengan Struktur Backlink
Baik itu terikat internal atau eksternal, menempatkan tautan seperti membuat jejak bagi pengguna untuk menjelajahi halaman Anda (atau situs web lain untuk tautan eksternal) untuk lebih banyak lalu lintas situs web
Menempatkan tautan internal meningkatkan waktu tunggu di situs web Anda, yang dapat diterjemahkan ke peringkat SEO yang lebih baik.
Tautan ini juga dapat membantu perayap berpindah dari satu halaman ke halaman lain, menemukan halaman web baru, dan bahkan meneruskan ekuitas tautan atau jus tautan. Adapun tautan eksternal, ini membantu perayap lebih memahami konten Anda, terutama jika Anda menautkan ke situs web yang terkait dengan topik Anda dan memiliki otoritas domain (DA) tinggi.
Image and Video Optimization
Konten bukan hanya teks atau huruf yang Anda baca di situs web; itu termasuk gambar dan video yang membuat informasi yang disajikan lebih mudah dipahami dan lebih menarik untuk dibaca dan dijelajahi. Pastikan untuk menempatkan gambar atau video yang relevan dengan konten Anda. Menempatkan foto acak tidak akan membantu, dan bahkan bisa menjadi penyebab pengalaman pengguna yang buruk. Untuk mengoptimalkan sumber media ini lebih lanjut, tempatkan tag Alt yang sesuai untuk mendeskripsikan gambar dan bagaimana gambar itu terhubung ke konten Anda. Untuk mengoptimalkan konten video Anda, menambahkan deskripsi meta dan juga menyediakan subtitle dan transkrip teks membantu mengoptimalkan konten video Anda untuk peringkat mesin pencari.
Buat Call to Action yang powerfull
Setelah pengguna Anda selesai membaca atau menelusuri halaman, apa langkah selanjutnya? Pandu pengguna Anda melalui situs web Anda dengan menempatkan ajakan bertindak yang jelas dan mudah dibaca.
Ajakan bertindak Anda harus terkait langsung dengan maksud halaman dan konten Anda.
Jika tujuan utama halaman Anda adalah informasi, Anda dapat mengarahkan pengguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan Anda dengan tombol “Pelajari lebih lanjut” atau “Baca lebih lanjut” setelah artikel.
Jika niatnya transaksional, “Beli Sekarang” yang jelas akan terlihat untuk memberi sinyal kepada pengguna untuk melakukan pembelian di katanesia.com
Memiliki data terstruktur yang terorganisir
Skema membantu dalam mengatur struktur data Anda untuk membantu mesin pencari membaca halaman Anda dan memberi peringkat di SERPs.
-
- Menambahkan markup Skema yang sesuai ke HTML Anda meningkatkan cara halaman Anda ditampilkan di SERPs dengan meningkatkan cuplikan kaya yang ditampilkan di bawah judul halaman, yang dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayang (RKT) halaman Anda.
- Deskripsi Meta – Deskripsi meta adalah potongan kecil teks yang paling menggambarkan konten halaman Anda. Pembacaan cepat di SERP harus menyampaikan apa yang dia harapkan sebelum membaca artikel Anda. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci utama Anda dalam deskripsi meta Anda (sekitar 900 piksel-lebar) untuk menarik pembaca. Ini juga ideal untuk menyertakan CTA yang kuat dalam meta deskripsi Anda untuk menarik pembaca agar mengklik tautan dan membaca konten Anda.
- Memiliki kemampuan perayapan dan kemampuan pengindeksan situs web yang baik – Agar mesin telusur dapat menentukan situs web atau konten apa yang paling baik menjawab pertanyaan pencari, mereka merayapi dan mengindeks jutaan halaman untuk memberikan jawaban dan pengalaman terbaik bagi pencari mereka.
Untuk anda yang ingin mempelajari bagaimana cara melakukan optimasi technical SEO anda bisa mengunjungi postingan yang kami terbitkan di Zen Magazine.